Rabu, 24 Agustus 2016

BUDAYA,MAKANAN DAN CIRI KHAS MOJOKERTO

Kabupaten Mojokerto
Mojokerto adalah sebuah kota/kabupaten yang terletak Provinsi Jawa Timur, yang dimana kabupaten Mojokerto terdiri atas 18 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Di Mojokerto salah satunya terdapat kecamatan Trowulan, yang pernah menjadi pusat Kerajaan Majapahit. Ini terlihat dari banyaknya sisa peninggalan sejarah kerajaan tersebut yang dijumpai di sana.selain peninggalan sejarahnya, Mojokerto juga mempunyai nilai budaya,makanan khas dan ciri khas daearh yang cukup menarik, berikut ini akan saya sebutkan beberapa budaya yang di miliki oleh mojokerto:
1.BUDAYA MOJOKERTO
a.grebeg suro mojopahit mojokerto
grebeg suro
Acara tahunan Grebeg 1 Suro Majapahit di Mojokerto itu tetap menjadi tradisi yang dinanti ribuan warga, baik dari warga Mojokerto maupun luar kota sekitar Mojokerto. Cukup banyak rangkaian acara Grebeg 1 Suro Majapahit , acara Grebeg 1 Suro Majapahit dibuka dengan pembacaan Macapat yang diikuti pegiat seni Jawa dari berbagai daerah baik dari jawa timur atau propinsi lainnya.
b.seni bantengan
bntengan
Seni Tradisional Bantengan, adalah sebuah seni pertunjukan budaya tradisi yang menggabungkan unsur sendra tari, olah kanuragan, musik, dan syair/mantra yang sangat kental dengan nuansa magis.Pelaku Bantengan yakin bahwa permainannya akan semakin menarik apabila telah masuk tahap “trans” yaitu tahapan pemain pemegang kepala Bantengan menjadi kesurupan arwah leluhur Banteng (Dhanyangan).
c. kesenian ujung
ujung
Seni ujung merupakan adu ketangkasan memukul antara dua orang pemain dengan menggunakan sebatang rotan yang panjangnya kira-kira 1 meter, dengan dipandu oleh seorang Pelandang sebagai wasit. Ketentuan pemukulan bagi masing-masing pemain dilakukan sebanyak 3 kali pada punggung lawannya. Apabila mengenai bagian lain, dinyatakan tidak sah.
2.MAKANAN KHAS MOJOKERTO
a.onde-onde mojokerto
onde2
Onde-onde merupakan jajanan yang terbuat dari tepung ketan dengan dalamnya terdapat isi kacang hijau, onde-onde ini berbentuk bulat serta diselimuti wijen pada bagian luarnya. Sangat cocok dihidangkan dalam keadaan masih hangat
b.krupuk rambak khas mojokerto
rambak
Kerupuk khas Mojokerto ini paling banyak dihasilkan di Desa Domas Kecamatan Trowulan dan Desa Kauman Kecamatan Bangsal. krupuk rambak itu terbuat dari kulit sapi yang telah dikeringkan terlebih dahulu kemudian baru di buat krupuk.
c.sate keong mojokerto
sate-keong-tokomesin
Krupuk upil ini merupakan krupuk yang proses penggorengannya dilakukan dengan menggunakan pasir panas. untuk memakan krupuk ini biasanya krupuk upil didampingi dengan sambal petis.
3.CIRI KHAS MOJOKERTO
Peninggalan kerajaan mojopahit merupakan salah satu ciri khas daerah mojokerto.kerajaan mojopahit merupakan suatu kerajaan terbesar pada abadnya , luasnya kerajaan mojopahit dahulu bahkan melebihi luas Negara Indonesia pada saat ini. Namun, meskipun kerajaan mjapahit yang saat itu sangat luas, pusat pemerintahan kerajaan mojopahit tersebut teletak di daerah mojokerto.itulah mengapa pada saat ini sangat banyak peninggalan kerajaan mojopahit yang di temukan d daerah mojokerto seperti: bangunan-bangunan candi, patung-patung dsb yang sekarang merupakn cirri khas daerah mojokerto.
sumber gambar :http://deviputriwijayanti.blogspot.com,http://kuwarasanku.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar